post
PENYUSUNAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (ACCOUNTING INFORMATION SYSTEM DEVELOPMENT)

Yang dimaksud dengan system informasi akuntansi adalah semua alat bantu manajemen,mengumpulkan, mengklasifikasi, melaporkan, dan menafsirkan informasi mengenai transaksi perusahaan secara efektif, agar dapat menjamin keamanan aset perusahaan, serta dapat dilaksanakannya kebijakan-kebijakan yang telah ditetapkan.

Ruang Lingkup Penyusunan Sistem Akuntansi Meliputi:

  1. Penilaian dan prosedur berbagai fungsi dalam organisasi perusahaan yang dapat dipertanggungjawabkan ditinjau dari segi pengawasan ( Internal Control ).
  2. Penyusunan aistem dan prosedur berbagai fungsi dalam organisasi perusahaan yangmeliputi:
    1. Penjualan dan penerimaan kas
    2. Pembelian dan pengeluaran kas
    3. persediaan

    4. Produksi
    5. Pembayaran gaji dan upah
    6. Hubungan antara anak perusahaan dan induk perusahan

    7. Hubungan kantor cabang dengan kantor pusat dan sebagainnya
  3. Penyusunan pedoman akuntansi umum (general accounting manual).
  4.  Penyusunan pedoman klasifiksai perkiraan akuntansi dan kode akuntansiperusahaan.
  5. Merancang bentuk dan isi formulir,buku besar,buku bantu,serta bentuk dan isi laporan keuangan, laporan produksi, dan laporan lainnya yang dibutuhkan oleh manajemen.
  6. Perancangan Program Aplikasi Sistem Informasi

yang dimaksud dengan perancangan program aplikasi system informasi adalah jasa yang kami berikan kepada Perusahaan untuk dapat menyusun aplikasi akuntansi sesuai dengan system dan prosedur akuntansi yang sudah ditetapkan.

Ruang Lingkup Perancangan Program Aplikasi system informasi adalah :

  1. Perancangan secara umum.Secara umum perancangan program aplikasi terdiri dari masukan data,mutasi dan menampilkan program. Pengisian identitas adalah langkah awal strutur database yaitu pengisian dari data yang telah ditentukan.
  2. Perancangan secara rinci.
    - Struktur modul, struktur modul disusun secara herarki untuk menyediakanpenjelasan yang jelas dari input yang harus digunakan dan output yang harus dihasilkan oleh tiap fungsi dan sesuai dengan kebutuhan pemakai.- Perencanaan output,perencanaan output adalah untuk menghasilkanlaporan (output) yang merupakan hasil pengolahan data.- Perencanaan input, untuk mempermudah pemasukan data informasi ke dalam table pemakai menggunakan form terkustomisasi yang bisa menuntun pemakai memasukan informasi yang tepat, meriksa kesalahan,dan menyampaikan informasi ke dalam table yang tepat.- Perancangan database, Perancangan database adalah pemilihan software aplikasi yang dapat untuk diajukan ke perusahan sehingga terbentuk kumpulan data terpadu yang memakai beberapa karkteristik tertentu secara bersama-sama, dan salah satu cara untuk menata data yang berisi subject atau topic yang sama tersimpan dalam record (baris) dan filed (kolom).

    - Proses perancangan dan alogaritma program, dalam proses ini perancang akan melakukan tahap awal untuk membuat tabel, query,form, sampai kepada laporan yang dihasilkan dan juga langkah pemograman suatu aplikasi.

Klien Kami "saat ini"