post

Untuk mencatat transaksi – transaksi pengeluaran dan penerimaan kas perusahaan maka dalam Akuntansi harus dicatat menggunakan jurnal umum. Pencatatan jurnal umum harus dicatat secara kronologis. Untuk mengisi jurnal umum menggunakan sistem double entry atau berpasangan. Penemu sistem pencatatan akuntansi double entry adalah bapak Akuntansi, Luca Pacioli pada saat revolusi Inggris. Pencatatan transaksi pada jurnal umum merupakan materi dasar juga yang harus dipahami karena jurnal umum menjadi langkah awal dalam membentuk laporan keuangan.

Berikut ini bentuk jurnal umum

Bentuk Jurnal Umum

Bentuk Jurnal Umum

Dalam jurnal umum terdapat sisi debet dan sisi kredit,  jika kita mencatat suatu transaksi maka kedua sisi tersebut harus balance dan ingat sisi kredit nama akunnya harus menjorok ke dalam. Masih banyak orang yang masih bingung dengan sistem menjurnal karena mereka bingung untuk memasukan ke akun mana dan jika jurnal salah maka semua siklus akuntansi Anda akan salah. Jurnal umum akan menjadi dasar dan pedoman Anda dalam membuat laporan keuangan. Untuk menghindari kesalahan – kesalahan dalam menjurnal dan untuk memudahkan Anda dalam memilih bagian akun mana yang dijurnal maka Anda harus mengetahui saldo normal dari setiap kelompok akun.

Saldo Normal Kelompok Akun

Saldo Normal Kelompok Akun

Untuk membuat jurnal akuntansi juga memerlukan beberapa langkah, yaitu :

  • - Identifikasi nama perkiraan mana dan kelompok akun apa yang berhubungan dengan transaksi
  • - Identifikasi untuk saldonya akan mengurangi atau menambah. Perhatikanlah saldo normal dan jenis kegiatan transaksinya untuk mengidentifikasinya.
  • - Telitilah dalam menulis nominal transaksi, jangan sampai salah tulis. Bila perlu cek kembali beberapa kali angka yang ditulis dengan angka yang ada di bukti transaksi.

Berikut beberapa contoh transaksi dan jurnal umumnya :

2006    1          M. Abas menginvestasikan Rp.2.000.000,- dalam perusahaannya PT XXX

Mei      2          Perusahaan membayar Rp.200.000,- untuk sewa kantor bulan pertama

3          Diterima sebanyak Rp.1.000.000,- sebagai uang jasa dari pelanggan tunai

4          Dibeli perlengkapan secara tunai sebesar Rp.1.000.000,-

5          Dibayar hutang sebesar Rp.500.000,- kepada toko Peramata

Jurnal Umum

Jurnal Umum

Klien Kami "saat ini"